Penyebab Salah Ambil Jurusan

Banyak penyebab mahasiswa salah jurusan, diantaranya yaitu:


  • Salah persepsi terhadap nama jurusan
Informasi yang selama ini diyakini yang dikemudian hari ternyata salah. Ini bisa terjadi ketika informasi tersebut tidak pernah ditinjau kembali atau ditanyakan langsung kepada pihak yang berkompeten. 

  • Beda penekanan pada tiap kampus
Kadang beda kampus juga beda dalam penekanan. Misalnya, di kampus A, fakultas pertanian menekankan pada budidaya, kampus B pada pasca panen, kampus C pada agroindustri, dan seterusnya. Bahkan dengan nama yang sama, misalnya sama-sama dengan nama jurusan agroindustri, tapi bisa jadi berbeda dengan apa yang dibayangkan oleh mahasiswa sebelumnya.

  • Terlambat menyadari
Seringkali salah jurusan hanya disebabkan karena mengikuti trend. Misalnya trend Jurusan Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Kedokteran, dan seterusnya, kadang berbeda dari masa ke masa. Awalnya siswa merasa mampu untuk mempelajari ilmu itu. Namun ketika sudah dijalani ternyata semakin berat.

  • Bukan keinginan sendiri
Seringkali orang tua yang mendorong anak untuk mengambil jurusan tertentu. Mungkin orang tua melihat si anak berbakat pada jurusan tersebut. Tapi kadang hanya dendam orang tua yang dulu tidak diterima pada jurusan tersebut. 

Apapun penyebabnya, salah jurusan akan mengancam masa depan mahasiswa bahkan keberlangsungan kuliahnya. Bagi yang saat ini sudah ada rencana akan melanjutkan kuliah, mari menggali informasi lebih banyak tentang perkuliahan dan dunia kampus langsung ke sumbernya. Daftarkan diri Anda untuk mengikuti Program Jelajah Kampus Malang, klik disini.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Arsip Blog