Lulus SMU, what's next?

Kelulusan selalu disambut dengan gegap gempita oleh para siswa. Berakhir sudah masa-masa penuh cerita di sekolah. Aksi coret-coret dan konvoi seakan menjadi tradisi tahunan. Banyak yang pro dan kontra dengan hal ini.

Pihak yang kontra menganggap, aksi ini hanya buang-buang uang saja. Sementara masih banyak orang yang kekurangan. Adapun pihak yang pro menganggap bahwa aksi ini merupakan ekspresi kebahahagiaan. Bahkan kalau diamati, ekspresi ini cukup kreatif dan memiliki nilai seni. Namun semua sepakat bahwa ekspresi kelulusan yang berlebihan hingga melanggar norma-norma masyarakat atau membahayakan diri mereka itu sangat dilarang.

Terlepas dari pro dan kontra terhadap aksi-aksi kelulusan, sudahkah mereka mempersiapkan pasca kelulusan? Ini sangat penting, terutama bagi siswa yang sudah lulus SMU. Berbeda dengan lulusan SMK, lulusan SMU umumnya berorientsi melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Apakah sudah memiliki gambaran seperti apa dunia perkuliahan?

Cepat atau lambat masa kelulusan itu akan datang. Jika sampai pada waktunya masih belum punya pilihan, maka dikhawatirkan nanti bisa salah langkah. Ini karena sebuah keputusan dibuat dengan terburu-buru. Disamping itu, seringkali terjadi pengeluaran yang sia-sia karena setelah membayar sejumlah tertentu untuk pendaftaran ternyata berubah pikiran.

Bagi yang berencana lanjut kuliah, sebaiknya sudah punya banyak informasi untuk menentukan pilihan, baik kampus, jurusan maupun program studi. Beberapa siswa yang ingin kuliah di luar NTT, kuliah di Malang bisa jadi pertimbangan. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya langsung dari pihak kampus. Kami memiliki jaringan 30 kampus ternama di Malang. Ikuti program Jelajah Kampus Malang bisa daftar online disini..

Dengan sudah mempersiapkan diri untuk melanjutkan kuliah, kelulusan nanti adalah moment yang patut dirayakan. Ekspresikan kelulusan dengan meriah selama masih dalam batas-batas norma. Karena pasca lulus nanti akan menapaki dunia kampus dengan penuh keyakinan.

by jelajahNTT.com


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Arsip Blog